9 Jenis Alat Berat Konstruksi Dalam Pembangunan Gedung

Dalam project pembangunan seperti pembangunan gedung, dermaga, jalan, dan lain-lain tentu saja memerlukan kontribusi alat berat. Alat berat akan menolong dalam project pembangunan yang lahannya luas, tetapi ini harus didukung dengan karyawan yang pakar.

Tetapi kita pasti tahu jika alat berat sendiri ada beberapa macamnya, tiap tipe pasti memiliki perannya tertentu. Dalam ulasan ini kali kita akan mengulas apa alat berat yang dipakai dalam pembangunan gedung. Walau dalam tiap project pembangunan memerlukan alat berat yang sedikit berlainan, tetapi pada intinya alat berat yang dipakai pada beragam project konstruksi hampir serupa.

Pemakaian alat berat dalam pembangunan gedung dipakai dimulai dari pemrosesan tempat, pemancangan, pengurugan sampai tugas akhir. Berikut alat berat yang dipakai dalam pembangunan gedung dan perannya :

1. Alat pemancang tiang

Alat pemancang tiang berperan dalam penempatan fondasi tiang pancang beton ke tanah baik pada pembangunan gedung, jembatan, dan lain-lain. Alat ini bermanfaat pada bangunan dengan fondasi yang dalam, pile drive hammer adalah contoh dari alat pemancang tiang.

2. Loader

Loader ialah adalah yang memiliki bucker besar memiliki roda yang ke arah ke depan hingga mempermudah gerakannya. Loader ini berperan untuk memproses tempat seperti perpindahan tanah, pengurugan, dan lain-lain yang nanti akan dipakai untuk membuat gedung.

3. Excavator

Excavator sebagai alat penggali yang memiliki bucket, alat ini memakai roda besi hingga pas untuk dipakai pada medan yang lumayan berat. Dalam pembangunan gedung alat ini bermanfaat untuk mengeruk tanah dan mengalihkan dalam pembikinan fondasi atau lantai dasar.

4. Tower crane

Tower crane memiliki wujud seperti menara dengan lengan untuk mencapai semua tempat lokasi untuk mengantar bahan / material konstruksi. Tower crane bisa mengalihkan barang material baik secara vertikal atau horizontal.

5. Dump truck

Dump truck sebagai truck memiliki roda yang mempunyai bak angkut dan diperlengkapi memakai mekanisme hidrolik. Mekanisme ini memungkinkannya bak yang berisi material untuk bergerak naik sampai kemiringan tertentu. Dump truck berperan sebagai alat pengangkut material seperti tanah urugan, pasir, kerikil ke tempat project atau kebalikannya.

6. Truck mixer

Truck mixer ialah truk dengan tabung yang dapat berputar-putar untuk mengusung beton fresh ke tempat project.

7. Concreate pump

Concreate pump bermanfaat untuk salurkan laporkan beton ke arah tempat yang semakin tinggi memakai pipa besi. Alat ini lebih banyak dipakai dalam pembangunan gedung tingkat.

8. Scrapper

Scrapper sebagai alat yang bermanfaat untuk mengurangi tanah, dalam pemakaiannya alat ini dipakai untuk menggunting lereng tanggul, perataan tanah, dll.

9. Front Shovel

Front shovel ialah alat yang bermanfaat untuk mengeruk yang mempunyai bucket di bagian depan, alat ini dipakai dalam penggalian dan penumpukan material, dan lain-lain.

Itu contoh-contoh alat berat konstruksi yang dipakai dalam pembangunan gedung, beberapa alat itu ada yang dimiliki langsung oleh kontraktor atau dikontrakkan oleh perusahaan tertentu.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *