Cek 8 Jenis Alat Berat dan Fungsinya

Alat berat sebagai mesin atau perlengkapan yang dibuat untuk lakukan beberapa pekerjaan berat yang tidak bisa dilaksanakan lewat cara manual. Alat berat biasanya dipakai dalam tugas konstruksi dan pertambangan tetapi sering dipakai pada industri manufacturing.

Ada beragam tipe alat berat dan peranan alat berat, yakni:

1. Backhoe

Backhoe sebagai alat berat yang terdiri dari formasi hoe pada bagian belakang sebagai loader dan bucket pada bagian depan sebagai shovel. Backhoe dipakai untuk lakukan penggalian dengan manfaatkan hoe ada di belakang bawah alat berat dan bucket untuk beraktivitas seperti perombakan atau pengangkatan material. Karena mempunyai peranan kerja double karena itu roda depan lebih kecil daripada roda belakang untuk memberikan dukungan mobilisasi dan sisi belakang didukung dengan outrigger supaya alat masih tetap konstan saat menjalankan shovel.

2. Power Shovel

Power shovel sebagai alat berat yang dipakai untuk mengeruk material yang terletak semakin tinggi dari kehadiran alat itu. Power shovel kerap dipakai untuk lakukan penggalian pada tebing yang terletak semakin tinggi dari alat. Power shovel terdiri dari 2 tipe yakni cable controlled dan hydraulic controlled.

3. Excavator

Excavator sebagai alat berat yang mempunyai peranan khusus untuk mengeruk tanah dan memuatnya ke truk atau menumpuk tanah itu di sekitar shovel dengan memutar tubuh excavator s/d pojok 360°. Disamping itu excavator bisa dipakai untuk beragam kepentingan seperti pengangkatan beban yang berat, perombakan, pengerukan, penebangan pohon dan sebagainya.

4. Clam Shell

Clam shell sebagai salah satunya tipe excavator tetapi yang membandingkan cuman pada bucket dan proses penggaliannya. Clam shell mengeruk lubang dengan jatuhkan bucket dengan tinggi kemungkinan dan buka ke-2  segi bucket. Jika bucket sudah jatuh dan masuk ke tanah, karena itu bucket bertepatan dengan kabel pengangkatnya diambil tutup. Selanjutnya tanah yang sudah berisi ke bucket dipindah atau termuat ke truk atau alat angkut yang lain.

5. Dragline Excavator

Dragline excavator sebagai tipe alat berat yang berperan untuk menolong proses pembangunan dermaga, penggalian di bawah air, pembuangan sedimen di tubuh air. Dragline excavator terbagi dalam boom panjang dan bucket penggali yang digantung dari sisi atas boom memakai kabel.

6. Bulldozer

Bulldozer sebagai tipe alat berat yang berperan untuk hilangkan susunan atas tanah sampai kedalaman tertentu, meratakan tanah dan menggulingkan pohon saat proses land clearing. Susunan tanah ditiadakan memakai plat logam lebar bermata tajam yang berada pada bagian depan alat. Plat logam ini bisa di turunkan dan dinaikkan memakai piston hidrolik.

7. Chain Trenchers

Chain trenchers sebagai salah satunya tipe alat berat berbentuk trenchers yang berperan untuk menggunting tanah dengan keadaan susah untuk dikeduk. Chain trenchers kerap dipakai untuk penggalian parit dengan lebar yang tidak besar tetapi pada.

8. Wheel Trenchers

Wheel trenchers sebagai salah satunya tipe alat berat berbentuk trenchers yang berperan untuk menggunting tanah dengan wujud roda logam yang bergerigi dan semakin besar dari chain trenchers. Wheel trenchers kerap dipakai untuk lakukan penggalian pada pembikinan trotoar atau akses utilitas di bawah jalan. Bila material yang dikeduk benar-benar keras karena itu lebih bagus memakai wheel trenchers.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *