8 Tipe Alat Berat Dalam Proyek Konstruksi Bangunan

Pemakaian berbagai type alat berat untuk proyek konstruksi bangunan dirasa betul-betul memudahkan di proses pembikinan sebuah bangunan. Alat berat akan memudahkan beberapa pegawai dalam lakukan konstruksi dan membuat waktu pembikinan konstruksi lebih efisien. Agar alat berat itu dapat benar-benar memberikannya manfaat saat digunakan.

Jenis – Jenis Alat Berat Dalam Project :

1.Crane

Crane ialah alat berat yang paling Anda butuhkan dalam pembikinan proyek konstruksi, terutamanya untuk pembangunan gedung bertingkat yang memungkinkan pengangkutan material berupa beton ke lokasi yang makin tinggi. Cara kerja crane adalah mengangkat material ke lokasi yang diharap dan mengubah material baik secara vertikal atau horizontal.

2. Excavator

Excavator ialah type alat berat untuk proyek konstruksi bangunan yang sudah umum digunakan. Excavator betul-betul dibutuhkan dalam pembikinan proyek konstruksi bangunan yang bertingkat besar.
Peralatan berat ini memiliki alat penggerak berupa roda ban atau crawler. Excavator yang menggunakan crawler digunakan karena dalam pengoprasiannya tidak membutuhkan banyak perubahan tempat dan dapat dipakai pada permukaan yang kasar.

3. Forklift

Forklift diperlukan pada proses bedah muat barang tiba yang kemampuannya berat dan sulit bila memakai tenaga manusia. Efektivitas ini disokong untuk mobilisasi logistik dalam project itu.

4. Dozer

Satu diantaranya type alat berat untuk proyek konstruksi bangunan adalah dozer. Minimum ada dua tipe dozer, yaitu Crawler Tractor Dozer dan Wheel Tractor Dozer. Crawler Tractor Dozer adalah dozer yang menggunakan roda kelabang. Sedang Wheel Tractor Dozer adalah dozer yang menggunakan roda karet.

Alat ini seringkali digunakan saat pertama kali proses pembikinan konstruksi bangunan. Untuk memulai sebuah konstruksi, biasa pegawai Akan mengawalinya dengan merobohkan bangunan dan mengangkat material hancuran itu. Karena itu, pegawai membutuhkan dozer untuk menghancurkan bangunan sekaligus mengubah berbagai tipe material seperti tanah atau kerikil.

5. Scraper

Scraper adalah alat yang digunakan di proses pengerukan tanah. Selain itu, alat ini bisa digunakan untuk mengangkat hasil kerukan tanah ke bak.

6. Concrete Vibrator

Alat berat ini adalah alat mekanis yang digunakan untuk membikin getaran dalam beton yang baru saja dituang ke formasi dan masih basah. Getaran yang dibikin oleh alat ini membuat gabungan lebih padat dan menghilangkan rongga udara yang kemungkinan ada saat penuangan beton itu.

7. Dump Truck

Dalam bidang konstruksi, penggunaan dump truck dirasa penting untuk memudahkan proses pengangkutan material seperti tanah, pasir, batu-batuan untuk proyek konstruksi. Alat ini dapat membuat proses pembikinan konstruksi jalan bisa lebih cepat dan efisien.

Pemilihan dump truck biasanya tergantung pada kondisi lapangan, volume material, waktu, dan biaya proyek yang telah dibujetkan. Alat berat seperti dump truck ini bisa digunakan untuk proyek pembangunan jalan, jembatan, dan perumahan.

8. Motor Grader

Dalam bidang konstruksi, beberapa pegawai biasanya menggunakan alat yang disebut dengan motor grader. Motor grader kerap digunakan karena alat berat ini punya beberapa faedah yang akan memudahkan proses pembikinan konstruksi bangunan. Faedah motor grader salah satunya:
• Meratakan permukaan tanah
• Menggaruk tanah untuk proses pembuatan saluran
• Menambah berbagai bahan material dan menghamparkannya di atas tempat

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *